2013, Bakal Ada Perekrutan CPNS

kabarbondowoso.com - Pada tahun 2013 Pemerintah Kabupaten/Kota dihimbau untuk mempersiapkan diri melakukan perencanaan terkait dengan rekrutmen calon pegawai negeri sipil dari tenaga kontrak kategori II. Acuan peraturan prundang – undangan yang dipakai yakni Peraturan Kepala BKN 9/2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan CPNS.

Kategori II adalah tenaga kontrak yang tidak digaji dari APBN atau APBD, baik APBD I atau APBD II. Atau, biasanya orang awam mengatakan kategori II itu adalah tenaga sukwan.

“Tenaga sukwan kategori II yang dimaksud adalah tenaga sukwan yang namanya telah masuk dalam daftar dan sudah didata. Hal itu berdasarkanSE Menpan 05/2010 dan diperbaharui dengan SE Menpan 10/2012. Sementara kemaren sudah dilakukan pendataan ulang dan di Bondowoso ada 1423 orang,” kata Agung Tri Handono Kepala Badan Kepegawaian Daerah Bondowoso, diruang kerjanya, Senin (10/09).

Kemudaian, dari 1423 orang itu, nantinya, akan diberikan kesempatan mengikuti tes CPNS dengan melalui 2 tahap tes. Tes pertama adalah Tes Kompetensi Dasar (TKD), yaitu tes yang dilakukan langsung oleh Menpan bekerjasama dengan konsorsium Universitas dari 10 perguruan tinggi pilihan di wilayah RepublikIndonesia.

Dari TKD tersebut, nantinya akan tersaring siapa saja yang gugur dan yang layak untuk mengikuti tes tahap kedua. Tes tahap kedua ini disebut Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang prosedurnya mirip dengan sistem rekrutmen pns pada tahun-tahun sebelumnya yang telah dilakukan.

“Jadi seseorang yang hari ini sudah masuk dalam database tenaga kontrak kategori II, tidak secara otomatis bisa diangkat sebagai cpns. Karena harus melalui 2 tahap ujian, TKD dan TKB. Yang tereliminasi di TKD ya bersabar dan yang lolos TKD bisa langsung mengikuti TKB,” ujar Agung mantan Kepala Bakesbangpollinmas.

Ditambahkannya, bagi yang lolos akan dilakukan pemberkasan untuk proses CPNS. Ia menegaskan, bahwa prosedur pengangkatan sangat berbeda dengan tenaga kontrak kategori I, sebagaimana yang telah dilakukan. Dan bagi mereka yang tidak masuk dalam database kategori II maka juga tidak bisa mengikuti tes.

“Termasuk pada tahun 2013 juga tidak merekrut dari pelamar umum. Artinya hanya khusus kategori II. Pelamar umum tidak ada, dan yang tidak masuk dikategori II juga tidak bisa mengikuti,” katanya. (gho)

  1. kira bulan berapa diadakan tes cpns nya pak?

    Reply
  2. iks :(
    sedih dengar kabar kalau tahun ini tidak merekrut pelamar umum ..

    Reply
  3. kira-kira bulan berapa , test cpns di bondowoso?
    dan apa persyaratannya.

    Reply
  4. p.bagi yang sudah sukwan tapi belum punya NUPTK apa bisa ikut p.

    Reply
  5. cara agr bsa lhat dftar nma dlam ktegori gmna pak??? (K1 dst)
    tesnya dlaksnakan tnggal berap pak???
    atas blasnnya, trimakasih….

    Reply
  6. pesyaratn bagi cpns ijasahnya yang relevan untuk guru SD,lulusan universitas apa?

    Reply
  7. Siapa yg bales komen ni ?

    Reply
  8. INFORMASI NYA INI BAGUS, CUMA SEDIH PELAMAR UMUM G ADA,

    Reply
  9. tanggal pasti pelaksanaanya kapan pak, terima kasih

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *