Gus Ipul: “Sip – Sae, Amin – Salwa Siiip Saeee”

kabarbondowoso.com – Hampir seluruh Kiai se-Bondowoso padati peringatan haul pendiri dan pengasuh pertama pondok pesantren Mambaul Ulum ke-15, Almarhum Kyai Togo Ambarsari dan Nyai Yahyana, Minggu (04/11) di Desa Tangsil Wetan Kecamatan Wonosari. Ribuan santri dan masyarakatpun tumblek blek di area ponpes untuk ikut menyumbangkan doa kepada Almarhum Kiai Togo yang diyakini sebagai Waliyullah.

Peringatan haul tersebut juga dihadiri oleh KHR Azaim Ibrahimy, Bupati Bondowoso Amin Said Husni beserta jajarannya dan tokoh nasional yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul.

Bupati Bondowoso memberikan sambutan sebelum acara dimulai, yang kemudian secara marathon dilanjutkan oleh Gus Ipul dan langsung diisi dengan ceramah oleh Kyai Kharismatik Situbondo yakni KHR Azaim Ibrahimy. Usai memberikan sambutan dan ceramah, Kiai Salwa sebagai tuan rumah menjamu para ulama dan umara tersebut dengan makanan sederhana.

Tampak begitu kental keakraban dan kehangatan komunikasi antar tokoh itu. Dengan meluncurkan joke ala Gus Dur, Gus Ipul membawa suasana menjadi tanpa batas. Tak hanya itu, beberapa Kiai, punggawa PPP dan PKB Bondowoso yang duduk lesehan dengan Wakil Gubernur, Bupati dan Kiai Salwa sebagai tuan rumah juga meluncurkan joke-jokenya.

“Sip Sae, Amin – Salwa Siiip Saeee, Aswaja pancen Sip Sae,” kelakar Gus Ipul usai menyantap hidangan. Gus Ipul mengakui bahwa pasangan Amin – Salwa adalah pasangan serasi dan layak untuk Bondowoso 2013.

Sementara itu, Bupati Amin kepada sejumlah wartawan mengatakan Kyai Togo itu salah satu ulama terkemuka dan sangat dihormati oleh masyarakat Bondowoso, bahkan beliau diyakini sebagai salah seorang waliyullah. “Nah, memperingati haul Kiai Togoini merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada beliau, sekaligus untuk melestarikan tradisi kaum Ahlussunnah Wal Jamaah atau Aswaja,” tuturnya. (gho)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *