Lakukan Penyegaran, Bupati Mutasi Pejabat

Pelantikan Eselon II,III dan IVKabarBondowoso.Com - Bupati Bondowoso, Drs. H. Amin Said Husni, Jum’at (4/1) pagi melakukan mutasi terhadap 162 pejabat yang terdiri atas 75 dari pejabat struktural dan 8 Pengawas TK/SD serta 79 Kepala Sekolah yang tersebar di beberapa UPTD Pendidikan di Kecamatan Bondowoso.

Drs. H. Amin Said Husni menegaskan bahwa perpindahan atau mutasi jabatan di lingkungan pemerintah merupakan penyegaran dan untuk meningkatkan kinerja

“Setiap ada jabatan yang berganti itu artinya untuk menyegarkan para pejabat dan tidak hanya mentok di satu posisi saja, dan bisa melakukan yang lain,” ujarnya tadi pagi.

Menurutnya, dalam setiap mutasi pejabat selalu melalui kajian yang dilakukan oleh Badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (Baperjakat) bukan karena unsur suka atau tidak suka.

“Hal ini harus dipahami dengan baik, jangan sampai ada anggapan kalau mutasi jabatan, yang penting adalah bagaimana meningkatkan kinerja sehingga mampu mengemban amanah, mampu melaksanakan tugas dengan baik dan profesional serta dilakukan dengan niat ibadah,” ungkapnya.

Oleh karena itu, mengingatkan semua pejabat yang baru dipindahtugaskan harus segera melakukan tugasnya dengan baik, karena ini adalah bentuk pelayanan kepada masyarakat. Pasalnya, setiap pelantikan pejabat yang dimutasi merupakan agenda pemerintah daerah secara reguler dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kapasitas keorganisasian.

“Ada dua tujuan dalam mutasi yakni tujuan organisasi dan individu. Dalam tujuan organisasi ini mengarah pada karir yang bertujuan untuk meningkatkan  kinerja dengan menempatkan orang-orang yang tepat sehingga pelayanan meningkat, baik dan bermanfaat,” ungkapnya lagi.

“Sedangkan tujuan secara individu adalah agar ada refresh di tempat baru dalam suasana kerja baru dan penuh optimistik. Maksimalkan SDM untuk tingkatkan kinerja di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD),” tambahnya.

Dalam mutasi tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Drs. H. Agus Salam, M.SI dimutasi menjadi Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Kepala BKD, H. Agung Tri Handono dimutasi menjadi Kepala Bappeda yang sebelumnya dijabat oleh Ir. Misnadi. Dinas Perindustrian dan Perdagangan diisi oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas), Karna Suswandi.

Sementara Bapemas sendiri diisi Abdul Mannan yang sebelumnya menjabat Kepala Sat Pol PP. sedangkan, Bambang Sukwanto yang sebelumnya menjadi Kepala Bagian Perekonomian dimutasi ke Dinas Pariwisatan dan Perhubungan (Disparporahub) yang sebelumnya dijabat Sigit Purnomo. Sigit Purnomo dipindahtugaskan menjadi Kepala Dispenduk dan Capil. (gho)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *