Pasar Ikan Kotakulon Bondowoso, Salah Satu Pasar Ikan Terbesar di Jatim

kabarbondowoso.com – Meski Bondowoso tak punya laut, pasar ikan pindang di Kotakulon Bondowoso merupakan salah satu pasar besar yang berada di Jawa Timur. Hal itu berdasarkan pantauan monev Dirjen P2HP Kementrian Kelautan RI.

Tiap hari, dalam keadaan normal, pasar yang tak jauh dari alun-alun kota itu menerima tak kurang dari 30 sampai 40 ton pasokan ikan segar dari berbagai nelayan di wilayah Situbondo, Banyuwangi, Jember, bahkan daerah diluar eks Karesidenan Besuki.

Pasar ikan pindang di Kotakulon kini menjadi terminal ikan pindang segar. Dengan dijadikannya sebagai terminal, pedagang eceran sampai pedagang besar melakukan transaksi jual beli, perputaran uangpun tiap harinya sangat besar. Tak ayal jika tiap bulannya perputaran uang yang terjadi di pasar ikan ini mencapai ratusan juta rupiah.

Hasil tangkapan dari beberapa daerah tersebut biasanya tiba pada petang hari. Setelah tiba kemudian ditempatkan kedalam keranjang ikan, yang biasanya disebut besek. Usai itu, pada keesokan paginya siap dijual ke dalam maupun luar daerah Bondowoso. Hal tersebut diungkapkan oleh pedagang ikan yang diamini oleh salah satu petugas dari Diskoperindag.

Ikan-ikan yang ditransitkan ke Kotakulon sebagian besar adalah ikan hasil segar tangkapan para nelayan yang dijamin kualitasnya. Kebersihan ikanpun dijaga oleh para pedagang, oleh sebab itu maka tak heran jika banyak orang diluar Bondowoso yang membeli ikan setelah ditransitkan ke Bondowoso. (gho)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *