Pendaftaran Calon Anggota Panwaslu Ditutup, LSM dan Wartawanpun Ikut Daftar

kabarbondowoso.com – Memasuki hari terkahir pendaftaran seleksi calon anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bondowoso, Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpollinmas) Bondowoso membuka dan memfasilitasi proses pendaftaran Panwaslu. Adapun jadwal dimulai pada tanggal 03 Oktober dan terakhir pada hari ini, Selasa (09/10) pukul 15.00 WIB.

Pendaftaran calon anggota panwaslu tersebut dilakukan dalam rangka menghadapi Pemilukada Bondowoso pada 2013 mendatang. Sementara sampai ditutupnya pendaftaran yakni pada pukul 15.00 WIB, sudah ada 15 orang yang melengkapi persyaratan pendaftaran di kantor Bakesbangpollinmas.

“Sesuai jadwal yang telah ditentukan, untuk penerimaan dokumen pendaftaran dilakukan mulai tanggal 03 Oktober dan ditutup pada tanggal 09 Oktober 2012 pada pukul 15.00 WIB. Pendaftaran ini terbuka untuk seluruh masyarakat Bondowoso selagi memenuhi peraturan dan persyaratan yang telah ditetapkan,” kata Slamet Wahyu fasilitator penerimaan berkas.

Dikatakan Wahyu, Bakesbangpollinmas Bondowoso hanya sebagai  fasilitator penerimaan berkas. Untuk selanjutnya, ditentukan oleh Bawaslu Provinsi sebagai tim seleksi.

Diketahui, dari 15 pendaftar, diantaranya terdapat beberapa orang berasal dari kalangan pers, LSM, aktivis dan pengusaha. Dari 15 orang pendaftar, urutan no 1 sampai 6 yang terdaftar adalah Samsul Tahar, Jon Wandriyanto, A. Prasetyo Aji, Umar Farouq, Mahsun Hasyim dan Fricas Abdillah.

Menariknya, dari pantauan kabarbondowoso.com, dari beberapa orang pendaftar yang mengantongi aturan main sesuai pengumuman pendaftaran seleksi calon anggota panwaslu Kabupaten/Kota se-Jatim Nomor: 001/TIMSEL PANWASLU KAB/KOTA/JATIM/X/2012, yang didalamnya terdapat aturan berdasarkan UU Nomor 15 Tahun 2011 pasal 85 pada huruf J disebutkan bahwa surat pernyataan tidak pernah atau tidak lagi menjadi anggota partai politik dalam jangka waktu lima tahun terakhir. “Pasal itu merupakan salah satu item penting untuk dijadikan dasar agar Pemilukada Bondowoso 2013 bebas dari kepentingan salah satu pasangan yang akan bertarung,” ujar salah satu pendaftar yang tak ingin disebut identitasnya. (gho)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *