Wahyu Katentreman Dilakonkan Di Pendapa Kabupaten

Kabarbondowoso.com – Dalang kondang asal Solo Ki Anom Suroto tetap membuktikan sebagai pengusung lakon wayang kulit yang unggul. Mengusung lakon “Wahyu Katentreman”, Anom berhasil mengobati kerinduan penikmat wayang di pendapa Kabupaten Bondowoso, kemarin malam, Jumat malam (15/09). Penampilan Anom ini guna memeriahkan gawe besar Kabupaten Bondowoso yakni Hari Jadi Kabupaten Bondowoso ke-193.

Sesaat sebelum tampil, Anom menjelaskan, wayang yang digelar di pendapa menceritakan tentang Wahyu Katentreman. Lakon utamanya mengambil tokoh sentral Begawan Semar. Kepada kabarbondowoso.com Bupati Bondowoso Amin Said Husni mengatakan jika lakon yang digelar kali ini mengangkat Wahyu Katentreman.

Kata Anom, Semar adalah pembawa nilai yakni tokoh pewayangan yang menjadi simbol kebijaksanaan dan keadilan. Lakon Wahyu Katentreman menceritakan tentang konflik tiga negara yang tengah diterjang pageblug (bencana).

Pertunjukan wayang kulit tadi malam dihadiri oleh jajaran muspida dan seluruh Kepala SKPD. Bahkan, ratusan masyarakatpun antusias ikut menonton pertunjukan di pendapa.

Singkat cerita, disaat pertunjukan wayang digelar, Ki Anom Suroto mengatakan agar pemimpin di Bondowoso bisa meneruskan kepemimpinannya. Untuk itu, masyarakat, pemimpin dan para ulama harus bersatu demi kemajuan Bondowoso. “Asal, jangan lupa undang kita lagi,” ujar Ki Anom sembari tersenyum. (gho)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *