Yuni Dwi Rahmawati Raih Juara 1 Nutrisionis Teladan se-Jatim

kabarbondowoso.com - Nutrisionis dari UPTD Puskesmas Cermee, Yuni Dwi Rahmawati, AMd.Gz kini mengharumkan nama Kabupaten Bondowoso. Yuni berhasil meraih predikat sebagai tenaga nutrisi teladan atau ahli gizi teladan se-Jatim, setelah sebelumnya berhasil memenangkan seleksi di tingkat Kabupaten.

Kepala Dinas Kesehatan Dr. Muhammad Imron, MM.Kes kepada kabarbondowoso.com mengatakan Yuni Dwi Rahmawati berhasil meraih prestasi membanggakan untuk Dinas Kesehatan Bondowoso, terutama untuk Kabupaten Bondowoso sebagai Tenaga Nutrisionis Teladan mewakili Provinsi Jawa Timur ke Istana Presiden.

Muhammad Imron menjelaskan proses untuk meraih Tenaga Kesehatan (Nakes) Teladan di beberapa bidang tidaklah mudah. Karena tim penilai Kabupaten menilai dan memilih Nakes Teladan Puskesmas berdasarkan pedoman yang telah ditetapkan. Selanjutnya mengajukan nama calon Nakes Teladan Puskesmas kepada Bupati untuk ditetapkan sebagai Nakes Teladan Puskesmas tingkat Kabupaten dan diusulkan ke panitia pemilihan tingkat Provinsi.

Sedangkan tim penilai tingkat Provinsi bertugas menilai dan memilih Nakes Teladan tingkat Provinsi untuk selanjutnya mengajukan nama calon Nakes Teladan Puskesmas kepada Gubernur untuk ditetapkan sebagai Nakes Teladan Puskesmas tingkat Provinsi serta mengirimkan Nakes Teladan tingkat Provinsi kepada Menkes cq. Panitia Pemberian Penghargaan Nakes Teladan Tingkat Nasional.

Selain itu, dikatakannya, komponen penilaian terdiri dari kriteria umum dan kinerja yang dilakukan oleh Tim Penilai. Penilaian dilakukan mulai dari Puskesmas, keluarga, masyarakat sekitar dan beberapa aspek lainnya.

“Di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Yuni bersaing dengan seluruh kompetitor dari seluruh Kota/Kabupaten di Jatim. Setelah itu diambil lima besar yaitu Madiun, Trenggalek, Jombang, Ponorogo dan Bondowoso. Dari lima besar, kemudian Trenggalek, Jombang dan Bondowoso menuju tiga besar dan akhirnya Bondowoso melalui Yuni berhasil menjadi yang terbaik se-Jatim,” kata Imron sapaan akrabnya.

Imron menambahkan, “Yuni telah menunjukkan kinerjanya pada masalah anemi, yakni masalah gizi pada remaja, dalam membantu upaya penanggulangannya, lebih terpengaruh dan terfokus,” ucapnya.

Senada dengan Muhammad Imron, Bupati Bondowoso Amin Said Husni menyatakan kegembiraannya pada Yuni Dwi Rahmawati karena telah mengharumkan nama Bondowoso. “Selamat Yuni, terimakasih atas dedikasi dan kiprahmu membawa nama harum Bondowoso tercinta,” tutur mantan anggota DPR-RI ini. (gho)

 

  1. semoga bondowoso menjadi kota yang lebih maju lagi.
    amin

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *